Kafir dan Ahlul Kitab

Contoh 1.

Al Maidah 51 melarang orang beriman berwali pada Yahudi dan Nasrani. Dengan penjelasan pada ayat selanjutnya, sepertinya sampai 64. Intinya ayat-ayat tersebut menjelaskan keburukan mereka.
Di ayat 69 tiba-tiba ada pernyataan yang seakan mengecualikan atau kontras dengan penjelasan di ayat sebelumnya. Trus ayat 70 baliknlagi menjelaskan kesesatan mereka. 71,72 mengkritik teologi Nasrani dan lanjut dengan penjelasan di ayat berikutnya mungkin sampai 78. Lalu di ayat 82,83,84 ada yg menarik, di sini justru ada pujian untuk umat Nasrani.

Contoh 2.
Al Imran 181 menceritakan orang Yahudi yang nyinyir terhadap Allah dan ayat-ayat seterusnya menjelaskan kesesatan mereka. Lanjut ayat 187 masih ditujukan untuk Ahlul Kitab yg menyembunyikan ayat2, dst. 196-198 mengingatkan agar orang beriman tidak terpesona dengan kehidupan orang kafir.

Tiba-tiba di ayat 199 kembali ada pengecualian untuk sebagian Ahlul Kitab: Mereka tidak menjual ayat Allah dengan harga murah dst.

Contoh 3.
Al Imran ayat 110 ada pernyataan bahwa meskipun ada diantara Ahlul Kitab itu beriman namun sebagian besar dari mereka adalah fasiquun. Dan ayat-ayat selanjutnya yg menyatakan bahwa mereka tidak akan mampu mengalahkan orang beriman dan juga mereka dimurkai Allah karena membunuh Nabi dst.

Tiba-tiba ayat 113 memberikan kontras: mereka itu tidak semuanya begitu. Ada sebagian Ahlul Kitab yang….
(Saya terus terang kaget baca bagian ini)

Contoh 4.
Masih Al Imran

Ayat 69 menjelaskan bahwa sebagian Ahlul Kitab sangat ingin menyesatkan kaum beriman. Ayat ayat selanjutnya sampai ayat 74 menjelaskan bagaimana strategi mereka untuk menipu. Jahat lah pokoknya, penipu yg top.

Tiba-tiba ayat 75 kembali ada kontras: sebagian mereka sangat jujur. Ungkapannya sangat ekstrem, di bagian ini saya juga terkaget-kaget.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s