Perjumpaan Itu

Dengan niatan mengobati rasa sepi, ArjuNo mulai rutin datang ke gym satu kali seminggu. Dia sengaja memilih hari kedatangan secara acak agar bisa berjumpa dengan orang-orang yg berbeda tiap minggu.

Di minggu pertama, dia berjumpa dengan Si Cantik yang sungguh sangat menarik. Di minggu kedua, dia berjumpa kembali dengan Si Cantik yang ternyata makin menarik. “Hmm, tampaknya ini kebetulan saja.,” pikirnya. Namun tanpa diduga dan direncanakan, terjadi lagi perjumpaan ketiga di minggu berikutnya. “Wah, tampaknya ini bukan kebetulan semata. Si Cantik ini pasti jodohku!” Ia berguman dalam hati sambil menahan gemuruh di dadanya.

“Tapi…, itu kan hanya sekedar dugaanku saja. Bukankah masih ada kemungkinan lain? Si Cantik mungkin saja memang datang setiap hari ke gym ini sehingga tentu tidak mengherankan jika aku selalu bertemu dengannya.” Gemuruh di dadanya sedikit menyurut saat intuisinya mengatakan bahwa dugaan yang kedua ini justru sangat mungkin benar. Sebut saja ini sebagai hipotesis alternatif yang dilambangkan dengan [H7].

[H7]: Si Cantik datang ke gym 7 hari dalam seminggu.

“Apakah aku mesti menerima kebenaran [H7]? Secara matematis problemnya dapat aku nyatakan sebagai berikut:
Berdasarkan kenyataan bahwa aku bertemu dengan Si Cantik tiga kali berturut-turut di hari yang acak dalam tiga minggu ini, maka berapa probabilitas [H7] benar?” Dan Malam itu ArjuNo merenung tanpa bisa terlelap.

Ada yg bisa membantu ArjuNo ?

Tanpa informasi awal apapun, probabilitas Si Cantik tidak pernah hadir, hadir satu kali seminggu di hari tertentu, dua kali seminggu di hari tertentu yang berbeda, tiga kali seminggu di hari tertentu yang berbeda,…, ataupun selalu hadir tujuh kali seminggu, masing-masing dianggap sama (uniform). Hari apa si Cantik akan hadir di minggu tertentu juga acak. Yang tetap adalah frekuensi kehadiran per minggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s