Apakah data privasi anda aman?

I used to say that Google knows more about what I’m thinking of than my wife does. But that doesn’t go far enough. Google knows more about what I’m thinking of than I do, because Google remembers all of it perfectly and forever. (Bruce Schneier, Data and Goliath)

Bagaimana dengan berbagai layanan lain selain Google? Bagaimana jika ada (atau bahkan sudah ada) mesin yang dapat mengakses data tersebut, menganalisis, mengkorelasikan, dan akhirnya menyimpulkan sesuatu tentang profil dan perilaku kita? Bayangkan jika data kita di Facebook, Google, Twitter, Gojek, credit card provider, Amazon, Tokopedia, Bukukita dan sebagainya digabung dan dianalisis. Apa saja kira-kira yang dapat disimpulkan oleh mesin surveillance mengenai diri kita?

Setidaknya ada dua hal yang mulai harus kita waspadai:

(1) Media penyimpanan yang semakin murah memungkinkan lebih banyak data yang disimpan dan tidak perlu menghapus data ini dalam rentang waktu yang semakin panjang

(2) Data analytic tools yang semakin canggih yang memungkinkan untuk menganalisis dan mengambil value dari data dalam volume amat besar.

Dua hal ini akan mengantarkan kita pada survellance-based business, yang menantang sekaligus menakutkan. Pengguna utama data-surveillance ini adalah private-sector (korporasi) ataupun negara. Korporasi menggunakannya untuk kepentingan bisnis. Negara bisa memanfaatkannya untuk kepentingan rakyat, bisnis, ataupun untuk kepentingan penguasa dalam memelihara kekuasaannya (status quo).

Seperti kata seorang teman, sebagaimana pisau, penggunaan teknologi selalu memiliki dua sisi, yakni: manfaat dan risiko.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s