Relay-attack terhadap kunci mobil modern

Passive keyless entry and start (PKES) adalah mekanisme kunci elektronik canggih yang digunakan di mobil. PKES memudahkan pengendara untuk membuka pintu dan menstarter mobil bahkan tanpa mengeluarkan kunci dari saku atau tas.

Sayangnya, mekanisme ini justru memilki kelemahan yang cukup fatal. Lagi2 serangan yang simple dengan metode relay attack dapat digunakan untuk mematahkan PKES. Cara kerja serangan adalah sebagai berikut:
Penyerang menggunakan dua buah antena yang masing-masing didekatkan ke kunci dan ke mobil. Kedua antena itu dihubungkan bisa dengan kabel atau via RF. Dengan alat ini, penyerang dapat meng-extend jarak jangkau kunci PKES kita. Jika kita sedang ada di dalam mall dan mengantungi kunci PKES, maka satu antena akan didekatkan ke posisi kita (5-10 meter) dan satu antena lainnya akan digunakan untuk membuka pintu dan menstarter mobil kita. Jarak antar antena bisa sangat jauh bergantung pada kekuatan RF antar antena dan delay respon yg diperkenankan oleh sistem PKES.

Beberapa tip darurat untuk mengamankan mobil dengan PKES:
1. Bungkus kunci dengan bungkus aluminium ketika sedang tidak digunakan. Tujuannya untuk menciptakan sangkar faraday di sekitar kunci.
2. Cabut baterai ketika kunci tidak digunakan.attack PKES

2 pemikiran pada “Relay-attack terhadap kunci mobil modern

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s