TERROR yg sukses via UN

Sangat prihatin setelah baca berita-berita ini: Ketika Pensil Anak-anak Itu Tidak Bergerak, Polisi Sita Lembar Jawaban Siswa, Puluhan Peserta Ribut dengan Pengawas Ujian, Penangkapan Densus 88 Dinilai Berlebihan.

Lebih dari sekedar menguji kemampuan akademis siswa, pelaksanaan UN tampaknya juga ditujukan untuk menguji daya tahan siswa, guru dan orang tua siswa dari TERROR. Saya sangat menentang kecurangan di dunia pendidikan dalam bentuk apapun. Namun, apakah perlu Densus 88 turun langsung untuk mengamankan UN? Kenapa tidak sekalian saja menurunkan tentara dgn senjata lengkap sebagai pengawas ujian?

Makin resah setelah membaca ini: Mendiknas Bantah Soal UN Bocor. Apakah membocorkan soal merupakan satu2nya cara untuk curang? Jangan2 kesibukan Mendiknas dari tahun ke tahun hanyalah melaksanakan UN dan mencegah kebocoran UN. Mendiknas tampaknya sangat sukses menjadikan UN sebagai THE ULTIMATE GOAL pendidikan di Indonesia.

Silahkan saja siswa dan guru bekerja sama dalam bentuk apapun (termasuk melaksanakan kecurangan) untuk lulus UN. Tapi ingat, kami tidak segan-segan mengerahkan pasukan anti terror untuk mencegah segala bentuk kecurangan!

8 pemikiran pada “TERROR yg sukses via UN

  1. kacow.

    penekanannya salah, sibuk bikin teror untuk mencegah kecurangan, padahal masalahnya bukan di situ. sistem pendidikannya yang ga beres!

    gimana nih indonesia… [sigh…]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s