Takdir dan Kehendak Bebas

Baru saja saya terlibat diskusi yang menarik dengan Taufik. Topiknya tentang takdir dan kehendak bebas. Apakah maksud takdir bagi manusia? Apakah takdir tersebut sama dengan praketentuan (predestination)? Apakah makna kehendak bebas manusia? Dari situ, diskusi kemudian juga menyentuh topik hukum sebab akibat dan hubungannya dengan kehendak bebas manusia. Diskusi tahap awal ini bisa dibaca di: blognya taufik

Wah, sama dengan Taufik, saya merasa topik diskusinya sangat berat. Kebetulan, saya ingat satu buku dari guru saya, Sayyid Murtadha Mutahhari yang membahas dengan cukup dalam topik ini. Judulnya: Man and Destiny. Akhirnya saya baca kembali buku itu. Kebetulan juga saat ini sedang Ramadhan, sangat kondusif untuk menggali kembali hal-hal penting tentang hidup. Lain kali saya akan tuliskan resume buku tersebut

6 pemikiran pada “Takdir dan Kehendak Bebas

  1. Ping balik: Takdir dan kehendak bebas (lanjutan…), obrolan seputar meninggalnya M Basuki « Hidup ini indah

  2. Hello there, just became alert to your blog through Google, and found that
    it is truly informative. I am going to watch out for brussels.
    I will appreciate if you continue this in future.
    Lots of people will be benefited from your writing.

    Cheers!

  3. I blog often and I genuinely thank you for your information.
    This great article has truly peaked my interest.
    I am going to take a note of your website and keep checking
    for new details about once per week. I opted in for your Feed too.

Tinggalkan Balasan

