Ada gak sih yang bisa dipercaya? (tentang indra dan pengalaman)

Panca Indera adalah jendela kita untuk mengetahui alam, meramu pengetahuan dan mengagumi ciptaan Tuhan.

Bulan bulat, cakrawala melengkung, fajar memerah, api panas, padang rumput luas, langit yang menentramkan, gula manis, garam asin, takut, cinta (?) . Haruskah kita percaya pada indera kita?

Ini merupakan pertanyaan klasik. Sebagian ya, sebagian tidak (Benarkah?). Ketika berkendaraan, saya melihat, dengan mata kepala saya, genangan-genangan air di sepanjang jalan beraspal ketika terik siang hari. Dan saya membuktikan dengan mata yang sama bahwa itu bukanlah genangan air. Apakah mata saya telah menipu? Mengapa kita percaya atau tidak percaya dengan pencerapan Indera? Mengapa kita percaya bahwa bumi benar-benar mengitari matahari bukan sebaliknya?

[He-he…, saat ini lagi pengen banget nulis tentang apa saja. Kepikirnya tentang masalah ini, jadi ya ditulis saja. Dulu juga sudah pernah terpikir masalah ini. Gara-gara malas menulis, berbagai solusi dan konsep yang dulu sudah pernah terpikir jadi kabur dan menguap. Jadi, saya akan mulai lagi, mikir lagi…, bedanya sekarang ditulis…]

Lanjut…

Agak lebih ruwet lagi kalau kita juga membahas penglihatan atau pengalaman supranatural. Hantu, bisikan ghaib, orang yang telah meninggal, ilham, dan sebagainya. Ilusi atau nyata? Namun sebaiknya kita kembali ke yang natural-natural saja dulu.

Pernahkah kita bertanya,”Benarkah ini rasa manis?”, tepat saat kita mencerap rasa manis. Pernahkah kita mempertanyakan rasa ’asin’, ’pahit’, ’sakit’, ’bahagia’ ataupun ’jatuh cinta’? Persisnya, kita tidak sedang membicarakan konsep ’manis’, ’asam’, ’pahit’, ’sakit’, ’senang’, ’bahagia’ dan ’jatuh cinta’. Yang menjadi perhatian kita adalah pengalaman saat mencerap rasa-rasa tersebut. ’Jatuh cinta’ mungkin lebih kompleks. Saya pernah jatuh cinta dan mempertanyakan apakah rasa,’melayang’ campur ’bahagia’ campur ’deg-degan’ campur ’sir-siran’ ini adalah jatuh cinta. Pengalaman mencerap rasa yang ’campur-campur’ itulah yang sekarang menjadi perhatian kita. Bukan konsep tentang ’jatuh cinta’. ’Rasa-rasa’ tersebut kita cerap diantaranya melalui pengalaman inderawi.

Lalu, apakah pengalaman inderawi tersebut dapat menipu kita? Apakah rasa yang saat ini kita cerap mungkin menipu kita?

Pengalaman inderawi sebagai dirinya sendiri tidaklah mungkin menipu! Rasa-rasa yang kita alami adalah demikian adanya. Kita menerima kebenaran pengalaman inderawi tersebut tanpa pembuktian apapun, swabukti, self-evident. Self-evident dalam konteks ini berarti si subyek tidak memerlukan bukti apapun untuk membuktikan kebenaran ’rasa’.

Tidak hanya pengalaman inderawi yang bersifat self-evident. Semua pengalaman langsung (direct experience) kita pada hakikatnya adalah self evident. Sebenarnya saya telah menyebutkan beberapa pengalaman non-inderawi pada contoh-contoh sebelumnya: ’bahagia’ dan ’jatuh cinta’. Bagaimana pula dengan rasa ’kagum’, ’sedih’, ’bermakna’, ’hampa’, ’semangat’, ’bergairah’? Pengalaman mistis ’manunggaling kawula gusti’ , yang sejauh ini telah terbukti memiliki karakteristik yang sama (menurut banyak penelitian, misalnya ’willian james’ dan phsycology transpersonal) juga bersifat self-evident.

Jadi, mengapa kita tertipu oleh fatamorgana? Mengapa kita mengambil kesimpulan yang salah dari sekumpulan data-data statistik? Di masa depan, sangat mungkin kita menyangka robot yang sangat mirip manusia sebagai manusia sungguhan. (bersambung)

3 pemikiran pada “Ada gak sih yang bisa dipercaya? (tentang indra dan pengalaman)

  1. I got onto wordpress.com from http://niatnulis.
    wordpress.com/2006/07/07/ada-gak-sih-yang-bisa-dipercaya-tentang-indra-dan-pengalaman/ and
    I gotta say, you have a sleek blog layout.
    Just how long have you been blogging for? The way you do all of
    this makes it look like a breeze. Your blog is eye-catching,
    and also possesses an abundance of quality material.

  2. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide
    credit and sources back to your weblog? My blog site
    is in the exact same niche as yours and my users would really benefit from some of the information you provide here.
    Please let me know if this alright with you.
    Thank you!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s